Skip to main content

Vokalisasi Bahasa Ibrani

Telah kita ketahui bahwa bahasa Ibrani memiliki 22 huruf yang kesemuanya adalah konsonan. Apakah tidak ada huruf vokal sama sekali? Tidak juga, beberapa huruf dalam alfabet Ibrani dapat menjadi huruf-huruf vokal tertentu dengan bantuan tanda vokal. Tanda-tanda vokal ini diciptakan oleh para ahli Yahudi sekitar abad 8 Masehi.

Sama seperti bahasa Arab; mungkin kita seringkali mendengar istilah 'Arab gundul', dalam standar penulisan bahasa Ibrani tanda vokal tidak dituliskan. Bahasa Ibrani yang ditulis lengkap dengan tanda vokal biasanya hanya dapat kita temui dalam kitab-kitab perjanjian lama berbahasa Ibrani.

Huruf-huruf vokal:
Dalam bahasa Ibrani ada beberapa huruf yang jika 'mati' dapat memberikan vokalisasi tertentu pada huruf konsonan yang mengikutinya. Huruf-huruf ini tidak lepas dari tanda vokal yang bersama dengan huruf vokal tersebut membentuk vokalisasi tertentu. Tabel di bawah adalah gambaran umum vokalisasi huruf vokal dengan perbandingan bahasa Arab:

Huruf Vokal Bahasa Arab
Huruf Vokal Bahasa Ibrani
huruf
sebagai bunyi
huruf
sebagai bunyi
ا
‘a’ panjang
א , ה
‘a’, ‘e’, ‘o’, ‘u’ panjang
ي
‘i’ panjang
י
‘e’ panjang, ‘i’ panjang
و
‘u’ panjang
ו
‘o’ panjang, ‘u’ panjang

Tanda-tanda vokal:
Tanda vokal dalam bahasa Ibrani berupa titik yang memiliki istilah niqqud. Tanda vokal Ibrani dapat dikategorikan menjadi tiga berdasakan panjang-pendek vokalisasinya. Ada tanda vokal panjang, pendek, dan sywa. Vokal panjang dan pendek tentu dapat kita mengerti maksudnya. Sementara itu, vokal sywa levelnya berada di bawah vokal pendek.

Di bawah ini adalah tabel vokal Ibrani beserta contohnya:


vokal
nama vokal
contoh pelafalan
dalam bahasa Indonesia
posisi dalam kata
v
o
k
a
l

p
a
n
j
a
n
g
ׇ
a
Qamats
mata
דָּג
ֵ
e
Tsere
teh
תֵּל
ֵי
רֵישׁ
ׅי
i
Hireq (panjang)
kiri
סִי
oוֹ
o
Holem
tol
עוֹלׇם
ֹ  o
נֹעַר
oוּ
u
Syureq
ibu
שׁוּרוּק
v
o
k
a
l

p
e
n
d
e
k
ַ
a
Fathah
jam
כׇּתַב
ֶ
e
Segol
seret
שֶׁל

ׅ
i
Hireq (pendek)
miris
עִת
ׇ
o
Qamats-hatuf
bola
כׇּל
ֻ
u
Qubuts
rumput
קֻבּוּץ
s
y
w
a
ְ
e
Syewa
menteri*
מְרוּ
ֲ
a
Hataf-fathah
padahal**
חֲמוֹר
ֱ
e
Hataf-segol

אֱלֹהִים
ֳ
o
Hataf-qamats

חֳלִי

*Huruf sywa 'e' di sini berbunyi seperti kata menteri, pedal, atau kelapa; bukan bunyi 'e' pada kata rem, bel, atau ceret.
**Di sini, huruf sywa 'a' dicontohkan dengan huruf 'a' awal pada kata 'padahal'. Penulis mengambil contoh tersebut karena pada prakteknya, huruf tersebut saat diucapkan dengan sangat cepat dan hampir tidak bersuara, sama seperti prinsip huruf sywa.

Comments

Popular posts from this blog

Perkenalan dalam Bahasa Ibrani

שלום   עליכם Shalom alekhem  -  Halo שלום Shalom  -  Halo

Huruf-huruf Bahasa Ibrani

Bahasa Ibrani termasuk ke dalam kelompok bahasa rumpun Semit bersama dengan Bahasa Finisia, Aramaik, Arab, dan lain sebagainya. Huruf-huruf atau alfabet bahasa Ibrani terdiri atas 22 huruf. Ke 22 huruf-huruf tersebut merupakan konsonan.